ORGANISASI

Multi Kompetensi
Organisasi

Pengujian dan / atau kalibrasi yang dihasilkan oleh suatu laboratorium harus sedemikian rupa sehingga memenuhi persyaratan ISO/IEC 17025;2005 tentang "Persyaratan Umum Kompetensi Laboratorium  Pengujian dan laboratorium Kalibrasi". Kalau itu bisa di penuhi, laboratorium bisa memuaskan kebutuhan  pelanggan, pihak yang berwenang atau organisasi yang memberikan pengakuan kmpetensi teknis dalam rangka akreditasi laboratorium. 

 Salah satu persyaratan yang mendasar adalah manajemen laboratorium harus menetapkan struktur organisasi dengan uraian yang jelas mengenai susunan, fungsi, tugas dan tanggung jawab serta wewenang bagi para pelaksananya. Karen aitu, laboratorium harus diorganisasikan sedemikian rupa sehingga dapat melaksanakan kegiatan pengujian dan / atau kalibrasi dengan baik dan benar. Selain itu, sistem manajemen harus mencakup pekerjan yang dilakukan dalam fasilitas laoratorium yang permanen, di tempat di luar fasilitas laboratorium yang permanen atau dalam fasilitas laboratorium yang sementara atau bergerak.

Dengan demikian laboratorium atau organisasi induknya harus merupakan suatu kesatuan yang dapat diidentifikasi dengan jelas keberadaannya sehingga secara legal dapat diepertanggungjawabkan secara hukum. Bagi Laboratorium pemerintah, keberadaannya umumnya dibentuk melalui suratkeputusan dari pejabat yang berwenang , sedangkan laboratorium swasta pembentukannya melalui akte notaris dan telah berbada hukum

Sumber:
Buku: Pemahaman dan Penerapan ISO/IEC 17025/2005 (Anwar hadi) 2007
Previous
Next Post »
Thanks for your comment