MANAJEMEN KETIDAKBERPIHAKAN



Ketidakberpihakan merupakan kehadiran objektivitas, sedangkan objektivitas adalah ketiadaan atau dapat diselesaikannya konflik kepentingan yang dapat mengakibatkan pengaruh buruk terhadap kepentingan kebiatan laboraotrium pengujian/ kalibrasi. Istilah lain dapat digunakan untuk menyamaikan unsur ketidakberpihakan adlah kemandirian, kebebasan dari konflik kepentingan, kebebasan dari bias, kebebasan dari prasangka, netralitas, keadilan, ketebukaan pikiran, sikap tidak berat sebelah, sikap tidak terpengaruh, dan keseimbangan. Sehubungan dengan hal terebut, dapat diakses puncak laboratorium pengujian / kalibrasi harus  memiliki komitmen terhadap ketidakberpihakan dalam kegiatan pengambilan sampel, pengujian dan atau kalibrasi serta pelaporan. Komitmen tersebut harus dapat diakses publik sehinga ketidakberpihakannya dalam melaksanakan kegiatan [engambilan sampel, pengujian dan atau kalibrasi, serta pengelolaan konflik kepentingan dapat ditunjukan.

Laboratorium pengujian dan atau kalibrasi harus megidentifikasi semua sumber konflik kepentingan yang berpotensi timbul dari kegiatan laboratorium, penggan, atau pihak berkepentingan, Konflik kepentingan dapat timbul dari kegiatan pengambilan sampel, pengujian dan atau kalibrasi sera pelaporan hasil, termasuk setiap konflik yang timbul dari hubngan kerjanya. Jika konflik kepentingan telah teridentifikasi, laboratorium harus menganalissi , mengevaluasi, memantau dan mendoumentasikan setiap resiko terkait konfik kepentingan yang timbul dari hubungan kerjanya.

Memiliki hubungan kerja bukan berarti laboratorium pengujain dan atau laboratorium kalibrasi memiliki konflik kepentingan. Hubungan yang mengancam ketidakberpihakan laboratorium pengujian dan atau laboratorium kalibrasi dapat disebabakan oleh kepemilikan saham laboratorium, penentu kebijakan dari dewan komisari atau dewan direktur, manajemen, personel, sumber daya bersama, keuangan , kontrak, pemasaran, pembayaran intensif dari pelanggan baru, dan sebagainya.


Laboratorium pengujian dan atau laboratorium kalibrasi harus menysaratkan semua personelnya agar mengungkapkan sleuruh situasi yangmemungkinkan menimbulkan konflik kepentingan pada kegiatan laboratorium. Karena itu, laboratorium harus menggunakan berbagai informasi sebagai masukan untuk mengidentifiaksi ancarman terhadap ketidakberpihakan yang timbul akibat kegiatan personel atau organisasi laboratorium.

Ancaman ketidakberpihakan bagi laboratorium pangujidan atau laboratorium kalibrasi mencakup point – point berikut:
1.      Ancaman swa-kepentingan (self-interest threats)
Yaitu ancaman yang timbu dari personel laboratorium yang bertindak untuk kepentingan pribadi. Contoh ancaman swa-kepentingan adalah ketika kegiatan pengambilan sampel, pengujian dan atau kalibrasi serta pelaporan hasil dibawah tekanan keuangan dari pihak tertentu dan memanfaatkan untuk kepentingan pribadi personal laboratorium.
2.      Ancaman swa-interpretasi )self-review threats)
Yaitu ancaman yang timbul dair personel laboratorium yang melakukan interpretasi hasil pengujian oleh personel laboratorium yang tidak didasarkan pada alas an ilmu pengetahuan, peraturan perundang undangan, perysratan standarisasi, atau spesifikasi teknis menjadi ancaman dalam swa-interpretasi
3.      Ancaman keakraban atau kepercayaan (Familiarity or trust threats)
Yaitu ancaman yang timbul dari personel laboratorium yang terlalu akrab atau terlalu percaya dengan pelanggan, pihak berwenang, atau pihak berkepentingan, Ancaman ini timbul karena tingkat kepercayaan yang berebihan kepada pihak tertentu dibandingkan dengan data pengujian dan atay kalibrasi yang dihasilkan oleh laboratorium
4.      Ancaman Intimidasi (Intimidation threats)

Yaitu ancaman kepada personel laboratorium yang merasa dipaksa secara terbuka ataurahasia atas suatu hasil pengujian dan atau kalibrasi sehingga dapat mengurangi kepercaaan dalam kemandirian dan integritasnya.


Sumber:
Buku Persyaratan Umum kompetensi Laboratorium Pengujian dan Laboratorium Kalibrasi ISO/IEC 17025:2017, Anwar Hadi
Previous
Next Post »
Thanks for your comment