Kerahasiaan Informasi dan Hak kepemilikan Pelangggan



Multi Kompetensi - Laboratorium harus memiliki kebijakan dan prosedur untuk memastika adanya perindungan atas kerahasiaan informasi dan hak kepemilikan pelanggan, termasuk prosedur untuk melindungi penyimpanan da penyampaian hasil secara elektronik. Oleh sebab itu, seluruh personel di semua tingkatan organisasi laboratorium bertanggung jawab dan berwenang untuk melakukan perlindungan atas kerahasiaan informasi serta hak kepemilikan pelanggan selama kontrak berlangsung. 

Hal ini berarti bahwa selama sampel milik pelanggan dalam pengendalian laboratorium, seluruh personel di semua tingkatan organisasi bertanggung jawab memeliharanya agar terhindar dari kontaminasi, degradasi, dekomposisi, deteriosasi, kehilangan atau kerusakan sehingga keamanan dan keutuhan sampel dapat terjaga. Apabila sampel harus disimpan atau dikondisikan dalam kondisi lingkungan tertentu, maka kondisi tersebut harus dipelihara, dipantau, dan direkam oleh personel yang berwenang. Karena itu, setiap sampel diberi identifikasi unik yang bertahan selama sampel berada di laboratorium.

Paas saat labratorium mengupayakan kerja sama dengan pelanggan melalui penyediaan akses ke bagian yang relevan di laboratorium untuk menyaksikan pengjian dan / ataukalibrasi dengan tujuan verifikasi maka informasi dan hak kepemilikan pelanggan lain termasuk identifikasi sampel harus tetap dijaga kerahasiaannya. Segala informsai yang berhubungan dnegan pengamatan langsung, data dan perhitungan dipelihara sedemikian rupa oleh personel yang berwenang sehingga kerahasiaannya tetap terjaga dari pihak lain yang tidak berkepentingan, Apabila informasi tersebut disimpan dalam sistem komputer, maka file yang bersangkutan diberi passwod dan hanya boleh diakses oleh personel yang berwenang.

Apabila data hasil pengujian dan atau kalibrasi ditransmisikan melalui telepon, faksmili maupun e-maio, maka laporan hasil pengujian atau kalibrasi tersebut dikirim sedemikian rupa sehingga tetap terjaga kerahasiaannya terhadap  pelanggan lain. KArena itu, segala informasi yang erkaitan dengan laporan hasil pengujian dan kalibrasi hanya untuk diberikan kepada pelanggan bersangkutan serta bersifat rahasia untuk pihak lain.






Sumber:
Buku: Pemahaman dan Penerapan ISO/IEC 17025/2005 (Anwar hadi) 2007
Previous
Next Post »
Thanks for your comment