Prinsif Manajemen Mutu


MULTI KOMPETENSI - Organisasi  laboratorium perlu diarahkan dan dikendalikan secara sistematis dan transparan agar bisa berhasil. Keberhasilan dapat dicapai melalui pengimplementasian dan pemeliharaan sistem manajemen mutu yang didesain untuk selalu memperbaiki efektivitas dan efisiensi kinerjanya sambil mempertimbangkan kebutuhan semua pihak berkepentingan.

Berdasarkan SNI 19-9000;2001, delapan dasar manajemen muu yang dapat dipakai oleh manajemen puncak untuk memimpin organisasi kearah perbaikan kinerja, adalah:

1) fokus pada pelanggan
Organiasi bergantung pada pelanggan dan karena itu harus bisa memahami kebutuhan masa kini dan mendatang dari pelanggannya serta berusaha memenuhi dan melebihi harapan pelanggan.

2) Kepemimpinan
Pemimpin menetapkan kesatuan tujuan dan arah organisasi. Mereka hendaknya menciptakan danmemelihara lingkungan internal tempat personel dapat melibatkan ditinya  secara penuh dalam pencapaian sasaran organisasi.

3)Pelibatan personel
Personel pada semua tingkata adalah inti sebuah organisasi dan pelibatan penuh kemungkinan kemampuan mereka dipakai secara maksimal untuk kepentingan organisasi.

4) Pendekatan Proses
Hasil yang dikehendaki bisa dicapai dengan lebih efisien bila kegiatan dan sumber daya terkait dikelola sebagai suatu proses.

5) Pendekatan Sistem pada Manajemen
Pengidentifikasian, pemahaman dan pegelolaan proses yang saling terkait sebagai sistem memberi sumbangan untuk efektivitas dan efisiensi organisasi dalam mencapai sasarannya.

6) perbaikan Berkesinambungan
perbaikan berkesinambungan terhadap kinerja organisasi secara menyeluruh hendaknya dijadikan sasaran tetap sebuah organisasi.

7) pendekatan fakta pada pengambilan keputusan
Keputusan yang efektif didasarkan pada analisis data dan informasi yang tepat.

8) Hubungan yang saling menguntungkan dengan pemasok
Hubungan antara organisasi dan pemasoknya yang saling bergantung dan saling menguntungkan meningkatkan kemampuan keduanya untuk menciptakan nilai.

Sumber:
Buku: Pemahaman dan Penerapan ISO/IEC 17025/2005 (Anwar hadi) 2007

Previous
Next Post »
Thanks for your comment