Independensi Laboratorium




Apabila Laboratorium merupakan bagian dari suatu organisasi yang melakukan kegiatan selain pengujian dan/atau kalibrasi, tanggung jawab personel inti didalam organisasi yang mempunyai keterlibatan atau pengaruh pada kegiatan pengujian dan/atau kalibrasi harus di terapkan untuk mengidentifikasi pertentangan kepentingan yang potensial. Jika Laboratorium meruakan bagian dari suatu organisasi yang lebih besar, pengaturan organisasi hendaknya dilakukan sedemikian rupa agar bagian - bagian yang mempunyai konflik kepentingan, seperti produksi, pemasaran komersial, atau keuangan tidak berpengaruh buruk pada kesesuaian laboratorium dengan persyaratan ISO/IEC 17025:2005.

Bila ingin diakui sebagai independen dan profesional, laboratorium harus memiliki pengaturan untuk mematikan agar manajemen dan personelnya bebas dari setiap pengaruh dan tekanan komersial, keuangan dan tekanan internal dan eksternal yang tidak diinginkan serta tekanan lain yang dapat berpengaruh buruk terhadap mutu kerja mereka. Selain itu, laboratorium harus memiliki kebijakan dan prosedur untuk menghindari keterlibatan dalam setiap kegiatan yang akan mengurangi kepercayaan pada kompetensinya, ketidakberpihakannya, integritas pertimbangan dan operasionalnya dalam kegiatan pengujian atau kalibrasi.

Untuk dapat menujukan sikap tidak memihak dan mempunyai personel yang bebas dari tekanan maupun pengaruh dari manapun, seluruh personel yang pekerjaannya mempunyai pengaruh baik langsung maupun tidak langsung terhadap mutu data hasil pengujian dan atau kalibrasu mengikat diri dalam "Pernyataan Kesepakatan Bersama Independensi Personel Laboratorium" .Pernyataankesepakatan itu merupakan komitmen atau ikrar yang dilakukan oleh seluruh personel disemua tingkatan organisasi untuk meningkatkan diri secara moral dan etika dalam melakukan kegiatan leboratorium. Pernyataan kesepakatan tersebut harus dituangkan dalam dokumen pendukung yang merupakan bagaian dari dokumentasi sistem manjemen mutu laboratorium




Sumber:
Buku: Pemahaman dan Penerapan ISO/IEC 17025/2005 (Anwar hadi) 2007
Previous
Next Post »
Thanks for your comment