Struktur Organisasi

Multi Kompetensi
Struktur Organisasi


Berdasarkan nistilah yang  diberikan oleh SNI 19-9000:2001, organisasi adalah kelompok personel dan fasilitas dengan pengaturan tanggungjawab, wewenang, dan hubungan sat sama lain. Sedangkan Struktur Organisasi adalah pengaturan tanggung jawab, hubungan, dan wewenang antarpersonel. Dengan demikian, pembentukan Struktur Organisasi harus didasarkan pada "Siapa mengerjakan apa, dengan sumber daya apa, dan bagaimana hubungan dengan personel lain"

Stuktur Organisasi laboratorium yang ditetapkan harus menunjukan kedudukanna didalam organisasi induk, garis kewenangan, ruang lingkup tanggung  jawab, uraian kerja serta hubungan timbal balik semua personel, baik antara manajemen mutu, kegiatan teknis maupun jasa penunjang. Selain itu, laboratorium harus menjamin bahwa personel menyadari relevansi dan pentngnya kegiatan mereka dan bagaimana mereka dapat berkontribusi dalam pencapaian tujuan sistem manajemen.

Bentuk struktur organisasi harus di sesuaikan dengan tujuan utama laboratorium dengan mempertimbangkan ruang lingkup, jenis atau komoditi, volume/beban kegiatan pengujian dan/kalibrasi.  Hal ini menyebabkan oranisasi pada setiap  laboratorium tidak sama namun bentuk struktur organisasi yang sederhana dapat diilustrasikan dalam gambar 2,1 dii bawah ini.


Struktur Organisasi laboratorium yang mengacu ISO/IEC 17025:2005 didasarkan pada kompetensi, karena itu sangat mudah diterapkan untuk laboratorium swasta yang profesional. Namun demikian, bukan berarti laboratorium pemerintahan tidak dapat menerapkanya.  Kendala utama bagi laboratorium pemerintah yang menerapkan struktur organisasiberdasrkan ISO/IEC 17025;2005 adalah bahwa didalam organisasi struktural laboratorium, pemerintah tidak dimungkinkan hanya mempunyai uraian tugas sebagaimaan diisyaratkan oleh standar tersenut. Struktur organisasi laboratoriu dibentuk untuk mendukung fungsi organisasi induknya. Apabla laboratorium tersebut membuat organisasi bayangan dalam organisasi struktural yangada. Untuk menyelesaikan masalah tersebut, organisasi struktural laboratorium ditetpkan oleh pejabat  yang berwenang sedangkan organisasi sistem manajemen mutu disahkan melalui surat keutusan kepala laboratorium.

Sumber:
Buku: Pemahaman dan Penerapan ISO/IEC 17025/2005 (Anwar hadi) 2007


Previous
Next Post »
Thanks for your comment